Folksy Goes to Solo

9:54 PM

Okay, ini hanya sekelumit cerita kemarin minggu. Folksy magazine (majalah indie yang aku bikin bareng teman-teman) diundang oleh Craffein Labs (kumpulan anak muda pecinta handmade di Solo) untuk melapak di Solo. FYI, itu pertama kalinya aku ke Solo naik kereta prameks dari Yogyakarta. Sangat menyenangkan dan konyol karena selalu kehabisan tiket pulang dan pergi. Selain itu, kita juga sempat nyasar menuju venue di tengah teriknya kota Solo. What a day!









Dari banyak bazaar handmade yang kudatangi, ini salah satu bazaar favoritku. Konsep acara tea party yang seru, tempat yang asik, workshop craft yang unik dan bikin penasaran buat nyobain, dan suasana DIY kental banget dari dekorasi yang dibikin. Tetapi mungkin lebih asik lagi kalau ada performance (band akustik, atau apapun itu) jadi bisa menarik banyak pengunjung juga. Keasikan keduaku datang di acara itu adalah melihat bagaimana handmade movement yang ada di luar Yogyakarta. Selama ini sudah mengikuti movement yang ada di Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung, sedangkan Solo adalah yang pertama bagiku dan itu sangat menyenangkan. Mereka mulai berani untuk membuat suatu gebrakan event handmade dimana pasar handmade untuk anak muda disana belum bisa diprediksi. Hal itu sebenarnya mengingatkanku kembali pada Craft Carnival yang pernah diadakan pertama kali oleh Magic Fingers Syndicate tahun 2011, di bulan Oktober tanggal 22 (yap, besok rabu ini anniversary 4 tahun MFS). Belum banyak anak muda yang tertarik pada handmade dan craft, hanya kalangan tertentu saja. Tetapi itu tidak menjadi masalah karena menurut pengalamanku jika sudah commit pada satu hal, do it often, then everyone will follow your movement. Aku sangat yakin handmade di kalangan anak muda Solo akan semakin berkembang dan populer, apalagi jika dilihat karya mereka (crafter Solo) yang juga keren-keren :) Tidak sabar untuk diundang lagi ke acara-acara bazaar handmade yang ada di kota-kota lain, semoga ada yang mengundang Folksy magazine ya.

Happy "first" birthday Craffein Labs, semoga ini menjadi awal dari pergerakan handmade anak muda Solo. You guys did great job!


Always support local makers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW GOOGLE+

INSTAGRAM: @luciaberta_