Never Apologize, Never Explain

10:00 PM

Terdengar sangat congkak ya? Tetapi kalimat itu menjadi salah satu mantra dalam kehidupanku. Kebanyakan orang pasti mengartikan kalimat tersebut sebagai kalimatnya orang angkuh, tapi entah kenapa aku merasa cocok dengan pengertian yang aku coba artikan sendiri.

Aku adalah orang yang punya tipikal sifat nggak enakan atau segan, dan berusaha untuk membuat semua orang puas atau bahagia dengan setiap apa yang aku lakukan. Jika aku merasa apa yang kulakukan tidak maksimal, aku pasti akan meminta maaf dan berusaha menjelaskan kepada semua orang. Padahal tidak semua orang merasa hasilku tidak maksimal, hanya aku saja yang keseringan baper (bawa perasaan). Sifat itu lama-lama membuat aku tidak bisa percaya pada diri sendiri, dan itu pastinya tidak baik, apalagi jika posisi kita sebagai pemilik bisnis kreatif.  Kita akan dihinggapi kecemasan setiap kali akan mengeluarkan karya. I tried to please everyone, and that was my big mistake.

Belajar dari kesalahan dengan menggunakan mantra "never apologize, never explain", dengan pengertianku sendiri bahwa karyaku adalah yang aku sukai, dan aku tidak akan menjelaskan atau harus meminta maaf kenapa harus membuat karya itu jika suatu saat ada orang yang secara terbuka bilang tidak suka pada karyaku. Secara perlahan berhasil membuat aku untuk menjadi diri sendiri, bukan untuk membuat orang lain suka tetapi aku sendiri tidak suka. Tidak mudah memang mengubah sifat atau kebiasaan, tetapi aku bisa merasa lebih lega. Everything just fine, aku tidak perlu lagi meminta maaf dan menjelaskan kenapa semua tidak sesuai dengan keinginan mereka. Apa bisa dikata, setiap orang pasti memiliki keunikan sendiri, dan keunikan itu pasti akan menemukan orang yang bisa menerimanya, atau bahkan mempertemukan dengan orang yang menyukai keunikan kita.

Tidak ada salahnya menjadi diri sendiri dengan tidak lagi berfokus pada kepuasan orang lain, tetapi tetap harus diingat jangan sampai mantra itu malah menjadi bumerang juga untuk kita. Pergunakan sesuai porsinya, dan tetap berkarya dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan itu yang tidak kalah penting.


Cheers,
Lucia Berta

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW GOOGLE+

INSTAGRAM: @luciaberta_